2019 ASEAN - Republic Of Korea (ROK) Commemorative Summit


Peringatan KTT ASEAN-Republik Korea 2019 atau 2019 ASEAN - Republic Of Korea (ROK) Commemorative Summit akan berlangsung di Busan, Korea dari 25 hingga 26 November untuk merayakan peringatan 30 tahun kemitraan dialog antara ASEAN dan Republik Korea. Ini akan menjadi konferensi internasional terbesar yang Republik Of Korea selenggarakan di bawah kepemimpinan Moon Jae-in.

ROK menyelenggarakan dua peringatan KTT dengan ASEAN di Jeju dan Busan masing-masing pada tahun 2009 dan 2014. Peringatan KTT ini, diadakan di Busan, akan menjadi yang ketiga dari jenisnya. Di antara mitra dialog ASEAN, Korea adalah satu-satunya negara yang akan menjadi tuan rumah ketiga peringatan KTT dengan ASEAN di negaranya sendiri. Ini adalah bukti hubungan baik yang telah dibangun antara ASEAN dan ROK selama tiga puluh tahun terakhir.

Pertemuan ini akan berfungsi sebagai kesempatan untuk meninjau perkembangan hubungan ASEAN-ROK selama 30 tahun terakhir dan menyajikan visi bersama ASEAN dan ROK selama 30 tahun ke depan.

Bersamaan dengan pertemuan ini, KTT Mekong-Republik KOREA pertama juga akan diadakan pada tanggal 27 November. Dengan meningkatkan kerja sama Mekong-ROK dari tingkat menteri ke tingkat puncak pada kesempatan ini, ROK akan secara signifikan memperkuat kerjasamanya dengan negara-negara di negara Mekong, wilayah dengan pertumbuhan tercepat di ASEAN.



Mitra dialog ASEAN

Adapun terdapat sepuluh mitra dialog dan empat mitra dialog sektoral pada peringatan KTT ASEAN kali ini, yaitu :
  • Mitra Dialog: Republik Korea, Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Cina, Federasi Rusia, Kanada, Persemakmuran Australia, Selandia Baru, Republik India, dan Uni Eropa
  • Mitra dialog sektoral: Republik Islam Pakistan, Kerajaan Norwegia, Konfederasi Swiss, dan Republik Turki
  • Mitra dialog non-negara: Program Pembangunan PBB
  • Mitra pembangunan: Republik Federal Jerman
Slogan yang diusungkan pada 2019 ASEAN - Republic Of Korea (ROK) Commemorative Summit ini yaitu "Partnership For Peace, Prosperity For People". Slogan resmi Peringatan KTT KOREA ASEAN-ASEAN 2019 ini dipilih melalui kompetisi yang melibatkan rakyat Korea sendiri dan juga  ASEAN. Slogan yang dipilih berhasil mewujudkan visi hubungan Korea-ASEAN yang mengejar komunitas perdamaian dan kemakmuran yang berpusat pada rakyat.

Visual kunci atau key visual yang ada di atas postingan ini merupakan suatu gambar simbolis yang mencakup seluruh puncak. Key visual ini akan ditampilkan di tempat acara penyelenggaran, dalam materi promosi, dan juga dalam situs web resmi dari 2019 ASEAN - Republic Of Korea (ROK) Commemorative Summit.

Visual kunci ini menggambarkan rumah tradisional Korea yang disebut hanok dan mewakili visi bersama Korea dan ASEAN untuk menciptakan satu komunitas besar (satu keluarga besar) perdamaian dan kemakmuran. Selain itu, hanok penuh dengan figur-figur geometris dalam beragam warna dan bentuk, yang melambangkan keragaman dan ko-eksistensi Korea dan ASEAN.

Update :

Hasil dari KTT-ASEAN ini bagi Indonesia, seperti yang dilansir media daring Liputan6.com, diantaranya yaitu :
  • CEO Kelas Kakap Korea Siap Investasi di Indonesia
Vice Chairman & CEO Hankook Tire and Technology Cho Hyun Shick mengatakan, saat ini, perusahaannya telah berinvestasi sekitar 10 juta ban dan membuka kemungkinan akan bertambah menjadi 20 juta ban per tahun.

President Posco Chang In-Hwa menyatakan komitmen untuk membangun pabrik baja yang bekerja sama dengan Krakatau Steel. Posco menargetkan membangun memproduksi 10 juta ton baja.
  • Komitmen Beri Perlindungan ke ABK
Ketika bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Joko Widodo menegaskan mengenai pentingnya perlindungan terhadap anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal panjang.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas diselamatkannya enam WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal yang tenggelam di wilayah Seogipo, Jeju.

Presiden Moon pun menegaskan komitmennya untuk memberikan perlindungan terhadap para ABK (Anak Buah Kapal) Indonesia. Kepada Jokowi, dia memastikan bahwa pemerintah Korea Selatan selalu mengutamakan keselamatan.
  • Teken Kerja Sama Teknik Pemindahan Ibu Kota
Presiden Moon Jae-in menawarkan kerja sama dalam pemindahan ibu kota negara. Kedua negara juga menandatangani deklarasi bersama pada penyelesaian akhir negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Korea dan Perjanjian Bebas Visa Bagi Pemegang paspor Diplomatik dan Dinas RI-Republik Korea.
  •  Hyundai Dilaporkan Siap Gelontorkan Investasi
Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, akan membangun pabrik mobil di Karawang, Provinsi Jawa Barat. Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia, Hendrik Wiradjaja menyebutkan bahwa pabrik baru Hyundai ini nantinya tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik tetapi juga untuk ekspor. Namun yang pasti, pabrik ini akan fokus dalam memproduksi mobil penumpang dan mobil listrik.

Sumber : 
  • https://2019asean-roksummit.kr/?menuno=68
  • https://www.liputan6.com/news/read/4119814/hasil-lawatan-jokowi-ke-korsel-bertemu-chaebol-hingga-hadiri-ktt-asean-rok

Comments

Popular Posts