Hello,This is me!

Arif Rahman Hakim

Web Designer Web Developer Graphic Designer Freelance Actor Graduate Student Acting, Singing and Music are my passions

Thursday, 3 January 2019

#SahabatKorea - Kertas Korea / Hanji ( 한지 )

  • January 03, 2019
  • by
Selamat Tahun Baru 2019 teman-teman semua~! Semoga semua yang diharapkan tercapai di tahun ini dan mari kita kembali rajut lembaran-lembaran kertas impian yang kita punya. 

Terhitung mulai bulan ini, Januari 2019 dan sampai setahun ke depan, saya adalah salah satu dari #SahabatKorea yang merupakan Social Media Supporter atau Pendukung Media Sosial bagi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia (Embassy of Republic of Korea in Indonesia). Dan tema untuk bulan Januari ini adalah tentang Kebudayaan Korea.

Berhubung saya adalah seorang bibliophile atau sesosok makhluk yang sangat mencintai buku, bisa juga disebut kutu buku, ada baiknya kali ini saya harus memperkenalkan salah satu bahan esensial yang digunakan dalam membuat sebuah buku, yaitu kertas. Dalam hubungannya dengan kebudayaan Korea, terdapat suatu kertas yang disebut dengan han-ji atau Kertas Korea.


Kertas Korea (한지) sangat terkenal di seluruh Asia dan juga dunia karena kualitasnya yang tinggi dan dikenal sangat kuat dan juga tahan lama. Terbuat dari pohon mulberry (genus Morus) dan diproduksi oleh kantor pemerintah pembuatan kertas, kertas Korea digunakan untuk berbagai objek termasuk buku, furnitur, peralatan dapur, quiver, dan juga kantong tembakau. Obyek-obyek kertas ini dibuat dengan menempelkan lembaran kertas bersama-sama, lalu menempelkan lapisan kertas itu ke bingkai bambu atau kayu, atau membuat sisa-sisa kertas menjadi "tanah liat kertas" (paper clay) atau kabel kertas (paper cords). Obyek-obyek itu kemudian ditutupi dengan pernis yang terbuat dari beras, jus kesemek, dan minyak, menjadikannya kuat dan tahan air.

Berikut adalah beberapa penggunaan Kertas Korea yang sering kali digunakan dalam sehari-hari :
Jiseung Jegi (Wadah Kertas untuk Persembahan)

Jiseung Jegi - Sumber : https://goo.gl/images/V1JWD9

Bejana kertas pernis ini dibuat dengan cara menenun tali atau benang kertas secara bersama-sama, sehingga sedemikian rupa dibentuk layaknya seperti sebuah wadah atau bejana. Penampilan sederhana serta penggunaan kembali kertas berharga ini menujukkan tentang nilai-nilai Konfusianisme yang merasuki kehidupan sehari-hari di Korea pada abad ke-19. 

Banjit Gori (Kotak Jahit Korea)

Banjit Gori (반짇고리) - Sumber : https://goo.gl/images/i3V6kN
Banjit Gori (반짇고리) adalah wadah untuk meletekkan alat-alat seperti jarum, benang, bidal, dll. yang diperlukan untuk menjahit. Kotak jahit ini, dibuat sepenuhnya dari kertas, memiliki eksterior gelap dan keras yang terbuka untuk mengungkapkan warna dan juga dekorasi yang dianggap menguntungkan bagi pemiliknya.

Kipas Tradisional Korea

Taegeukseon (태극선) - Sumber : https://goo.gl/images/A8xMMV

Kipas dibawa oleh pria dan juga wanita di semua musim dan karena berbagai alasan: untuk privasi pada saat berada pada khalayak atau di depan umum, sebagai pelindung dari matahari, untuk mengipasi api di perapian, untuk menjauhkan atau mengusir serangga, untuk mendinginkan diri, dan juga sebagai aksesoris. Pada akhir dinasti Joseon, sebagian besar kipas ini terbuat dari kertas. Kipas-kipas ini sering didekorasi dengan sederhana, dengan menggunakan beberapa warna dari lima warna utama, yaitu biru, putih, merah, kuning, dan hitam. Kombinasi warna-warna ini digunakan pada banyak objek lain pada kehidupan sehari-hari di masa Joseon. Warna-warna ini sesuai dengan lima arah mata angin: timur, barat, selatan, utara, dan tengah, dan juga lima elemen: kayu, logam, api, air, dan bumi. 


Banyak kipas buatan yang dibuat dengan tangan dan desain-desain dari kipas tersebut seperti sudah merupakan hak cipta dari para pelaku seni, tanda yang sangat berharga dan khusus dari keahlian mereka. Kipas tersebut diberikan sebagai hadiah pada acara-acara khusus sebagai tanda simbol persahabatan, rasa hormat, dan juga harapan baik.


Selain itu, saat ini kipas-kipas tersebut lebih umum digunakan sebagai alat peraga panggung di berbagai pertunjukan seperti tarian kipas tradisional Korea. Kipas ini juga terdiri dari berbagai ukuran untuk keperluan tampilan ornamen atau juga dalam versi genggam yang lebih kecil untuk pendinginan praktis di musim panas.
 
 

Daeryunseon (대륜선) - Sumber : https://goo.gl/images/ksQfx7



Sumber : 


#SahabatKorea Social Media Supporter of Embassy of Republic of Korea in Indonesia | Talent of Bangji Management | Bibliophile | ENFP | Minimalist | Vegan

ARIF RAHMAN HAKIM
+62812-9657-8882
Jakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE